Depok Web Development

Hai...!

Selamat datang di Depok Web Development

Kami adalah penyedia jasa pembuatan website di Kota Depok (Jawa Barat)


Perbedaan dan Pengertian Web Hosting

Web hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan data dan informasi di internet.

Web hosting sendiri terdiri dari beberapa jenis dan hosting memiliki sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Ada beberapa jenis layanan Web hosting yaitu Shared Hosting, Virtual Server, Dedicated, Kolokasi dan Kolokasi Server.

Shared Hosting
Shared hosting adalah layanan hosting di mana sebuah akun hosting ditaruh bersama-sama dengan beberapa akun hosting lain dalam satu server yang sama, dan memakai layanan bersama-sama. Harga shared hosting biasanya dibandrol kisaran 10 sampai dengan 30 dolar perbulan tergantung dari paket yang disewa pelanggan.

Virtual Server
Virtual private server (VPS), server ini digunakan khusus untuk website yang memiliki aktifitas menengah karena kestabilan dan keleluasaan pelanggan di virtual server lebih daripada shared hosting. Virtual server sebenarnya dibuat dengan melakukan proses virtualisasi sistem operasi. Oleh sebab itu di dalam virtual server terdapat beberapa sistem operasi yang dapat berjalan secara bersamaan. Biaya sewa virtual server umumnya berkisar antara 30 hingga 100 dolar per bulan tergantung dari paket yang disewa pelanggan.

Dedicated
Dedicated server adalah server yang dipergunakan untuk menjalankan aplikasi atau website dengan beban yang tinggi. Dedicated server memberikan pelanggan server fisik dan dapat diatur secara fisik juga yang tidak bisa dilakukan pada shared hosting dan virtual server. Dedicated server disediakan oleh penyedia server (Data Center) untuk digunakan sendiri oleh pelanggan. Biaya sewa dedicated server ini jauh lebih mahal dibandingkan shared hosting ataupun virtual server biasanya, mahal atau murahnya dedicated server dibandrol dari perangkat keras yang digunakan oleh server tersebut seperti Prosesor, Memori RAM dan besarnya penyimpanan Harddisk yang saat ini telah dikembangkan ke perangkat yang lebih baru yaitu Harddisk SSD.

Kolokasi Server
Kolokasi server adalah server yang dititipkan disuatu tempat penyedia jasa internet dimana penyedia jasa internet tersebut memberikan arus listrik, koneksi internet, pendingin ruangan dan rack tempat meletakkan server. Server tersebut sepenuhnya milik pelanggan dan dikelola sendiri oleh pelanggan. Pelanggan tidak diharuskan menyewa server pada penyedia jasa internet. Biaya sewa kolokasi server sangat bervariasi tergantung pada lokasi, watt listrik dan kecepatan koneksi internet.

Kolokasi
Kolokasi adalah sebuah tempat yang dipergunakan untuk meletakkan server secara bersama-sama di suatu gedung atau ruangan. Server-server tersebut dipergunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti layanan penyedia web hosting, penyimpanan data suatu perusahaan, server VPN dan berbagai macam kebutuhan IT lainnya. Biaya sewa kolokasi lebih mahal daripada kolokasi server.

« kembali ke Beranda

Hubungi Kami